Artikel Teknis‎ > ‎

Pentaho Data Integration : Masalah Zero Date pada MySQL

posted Jun 5, 2012, 2:39 AM by Feris Thia   [ updated Jun 5, 2012, 3:46 AM ]

Permasalahan Zero Date

Masalah zero date (nilai tanggal berisi angka nol) pada table MySQL merupakan penyebab error yang  cukup memusingkan developer ETL Pentaho Data Integration (PDI). 

Apalagi jika field dan table yang terlibat cukup banyak sehingga solusi conditional query di statement SQL pasti akan sangat membebani produktivitas pekerjaan.

Lalu apakah ada solusi yang efisien, efektif dan menyeluruh untuk hal ini ? 

Jawabannya ada dan sangat sederhana, kita cukup memberikan opsi zeroDateTimeBehavior=convertToNull pada konfigurasi koneksi kita. 

Dengan konfigurasi ini maka setiap zero date yang ada akan dikonversikan menjadi nilai null yang dapat dimengerti oleh PDI. Berikut adalah contoh dan rincian langkah konfigurasi pada Pentaho Data Integration versi 4.2.

Contoh dan Solusi pada Pentaho Data Integration

  1. Diberikan contoh suatu table yang memiliki struktur terlihat sebagai berikut. Dua field diantaranya bertipe datetime, yaitu tanggal_surat dan tanggal_kirim.


  2. Data dari table tersebut terdiri dari dua row dengan isi seperti terlihat pada gambar berikut. Pada field tanggal_surat maupun tanggal_kirim terdapat zero date value (0000-00-00 00:00:00).


  3. Ketika pada Pentaho Data Integration (PDI) kita membaca table tersebut akan terjadi error, seperti terlihat pada gambar screenshot berikut.


  4. Untuk memperbaiki hal ini, buka terlebih dahulu dialog koneksi database terkait. Pada contoh ini, nama koneksinya  adalah kampusbi

    Setelah dialog terbuka klik menu Options pada panel bagian kiri.


  5. Tambahkan entri baru zeroDateTimeBehavior=convertToNull. Klik tombol OK.


  6. Jalankan kembali transformation kita, error tersebut sudah tidak akan terjadi lagi.


  7. Selesai.

Sumber Referensi

Comments