Program Training‎ > ‎

Database Relasional dan SQL Dasar

posted Jul 8, 2011, 10:44 AM by Editor KampusBI   [ updated Sep 3, 2012, 10:12 PM ]

Pengantar

Hampir semua sistem aplikasi dewasa tidak lepas dari database relasional, baik itu aplikasi kecil sampai aplikasi yang sangat besar. Namun sayangnya pengetahuan dasar yang diperlukan untuk mengelola data ini, yaitu bahasa SQL masih jarang dikuasai dengan baik dan sering tidak tepat dalam penggunaannya.

Hal ini tentunya berimplikasi panjang, karena laporan-laporan operasional - seperti laporan transaksi harian seperti penjualan, stok / inventory, general ledger, dan lain-lain - yang tergantung dari query SQL akan rentan bermasalah baik dari sisi akurasi maupun performa.

Apalagi jika dibutuhkan laporan analisis yang bersifat strategik - seperti laporan analisa penjualan tahunan, analisa tren produksi karet, dan lain-lain - yang tentunya membutuhkan strategi query yang lebih tidak umum dan berbeda antara satu produk database dengan database lainnya.

Dengan bekal pengalaman kami menangani berbagai produk database maka kami coba menawarkan program pembelajaran bahasa SQL secara umum dan secara khusus dari sampai dengan mahir.

Program ini kami susun agak unik, karena bukan 1 produk database yang akan digunakan tapi 3 produk sekaligus yaitu SQL Server, MySQL dan PostgreSQL. Ini bertujuan agar peserta dapat menyerap lebih baik kapan dan bagaimana menggunakan SQL secara umum dan kapan menggunakan dialek SQL untuk produk tersebut.

Target Peserta

  • Database Administrator
  • Programmer / Developer PHP, Java, C#, Visual Basic, Delphi, dan lain-lain.
  • Mahasiswa Tingkat Akhir

Durasi

5 hari (40 jam)

Biaya

Rp 7,500,000.- / pax

Silabus

  1. Pengantar Database dan Database Relasional.
  2. SQL dan Database Relasional.
  3. Perkenalan dan / atau instalasi produk client-server database relasional :
    1. SQL Server 2008
    2. MySQL 5.5
    3. PostgreSQL 9.1
  4. Kategori Perintah SQL
    • DDL (Data Definition Language)
    • DML (Data Manipulation Language) 
  5. Table, Field, Column dan Data Type.
  6. SELECT Statement. 
  7. Merelasikan table dengan JOIN dan UNION. 
  8. Subquery untuk pengolahan query yang kompleks, contoh untuk melakukan staging data agar dapat menghasilkan analisa data yang komprehensif. 
  9. View.
  10. Stored Procedure. 
  11. Trigger.

Website Terkait : BelajarSQL.com


Comments